Jaga Kelestarian Alam, Satgas TMMD Kodim Tulungagung Tanam Pohon Penghijauan


TEROPONGTIMUR.COM |           Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0807 Tulungagung, Jawa Timur, saat ini terus berpacu dan kerja estafet untuk menyelesaikan semua program kegiatan. Hal tersebut, dikarenakan waktu pengerjaan sudah hampir selesai.

Bersama dengan masyarakat setempat, Satgas terus bahu membahu gotong royong untuk mewujudkan impian masyarakat di Desa Ngepoh, Kecamatan Tunggunggunung, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

Kegiatan yang dikebut diantaranya penanaman pohon pelestarian nabati, yang mana dapat mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Banyaknya penggundulan serta tidak ditanaminya kembali, menyebabkan terjadinya tanah longsor dan banjir. Dengan banyaknya kejadian banjir dan tanah longsor seharusnya masyarakat sadar akan hal tersebut.

Kesadaran masyarakat seharusnya tidak melakukan penggundulan hutan. Kalau ada penebangan mestinya segera untuk menanam kembali pohon nabati, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya bahaya yang akan merugikan banyak orang.

Dansatgas TMMD 108 Kodim 0807/Tulungagung Letrkol Inf. Wildan Bahtiar, mengatakan bahwa dilakukannya penghijauan akan menambah kekuatan struktur tanah. Sehingga akan menghambat terjadinya banjir dan tanah longsor, lebih jelasnya agar dapat dimengerti oleh banyak orang.

"Dengan penanaman penghijauan ini, semoga kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan hutan semakin tinggi," tuturnya, Jum'at (24/7/2020).

Menurutnya, jika masyarakat mempunyai kesadaran untuk menjaga alam, maka kemungkinan untuk terjadinya banjir dan tanah longsor akan berkurang.

"Untuk itu mari kita berfikir jauh untuk saling menjaga, karena semua yang ada dibumi merupakan makluk Tuhan juga perlu kita jaga dan lindungi,” pungkasnya. (Penrem 082/Red)

Subscribe to receive free email updates: