Tak Hanya Sapticktank, Satgas TMMD Tulungagung Juga Pasang Pipa Resapan


TEROPONGTIMUR.COM |           Setelah pembuatan lubang ambusan, dan peresapan untuk pembuangan kotoran di toilet dengan menggunakan bangunan dari semen yang berbentu cincin, kemudian dilakukan pemasangan pipa sebagai saluran untuk jalannya kotoran di dalam WC.

Sebelumnya, dalam pemasangan tempat pembuangan ini dibuat dua lubang yang satunya untuk tempat kotoran dan yang satunya digunakan untuk tempat peresapan. Sehingga, sapticktank dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama dan tidak penuh.

Demikian disampaikan Serka Haryono, anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 108 Kodim 0807 Tulungagung, Jawa Timur, Sabutu (18/7/2020).

Menurutnya, hal itu sengaja dibuat oleh pihaknya di dua tempat. Satu untuk pembuangan dan satunya lagi untuk peresapan. Sehingga, tempatnya nanti tidak cepat penuh meski dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Pihaknya berharap, setelah pemasangan pipa ini, pemilik rumah yang saat ini sedang dibangunkan MCK akan dapat segera mempergunakan kembali, karena sebelumnya, MCK tidak layak kesehatan.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak TNI yang telah menyelesaikan pekerjaan ini. Semoga beliau-beliau ini mendapatkan pahala yang baik dari Allah, saya akan merawat hasil kerja mereka agar awet," pungkasnya. (Penrem 082/Red)

Subscribe to receive free email updates: