Babinsa Koramil Kedungadem Bojonegoro Gropyokan Tikus Bersama Warga

 


TEROPONGTIMUR |          Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-08/Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, Serka Muflikun, turut serta dalam kegiatan pembasmian hama tikus bersama warga dengan cara berburu atau gropyokan di Desa Tumbrasanom.

Gropyokan tikus yang dilakukan Babinsa bersama warga tersebut merupakan program dari Pemerintah Desa (Pemdes) Tumbrasanom sebagai upaya untuk membasmi hama tikus yang sering menyerang tanaman padi milik warga.

Serka Muflikun, melalui pesan tertulisnya menjelaskan bahwa hama tikus ini merata di semua lahan pertanian yang dapat mengakibatkan gagal panen, dengan cara gropyokan cukup efektif dan efisien. Warga sangat antusias dan menyambut baik atas program tersebut, mereka berharap dengan adanya gropyokan hama tikus dapat berkurang dan hasil panen bisa lebih baik.

"Gropyokan tikus dilakukan dengan cara bersama-sama, selain efektif kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat gotong royong warga," tuturnya. Sabtu (26/12/2020).

Pihaknya akan selalu mendukung kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu sepekan tersebut, bahkan kata Babinsa, Pemdes Tumbrasanom akan membeli setiap ekor tikus yang ditangkap. Selain dibeli, warga akan diberikan hadiah untuk penangkap tikus paling banyak.

"Semoga dengan gropyokan ini dapat mengurangi hama tikus yang menyerang tanaman padi warga, sehingga para petani dapat panen sesuai harapan," pungkasnya

Hadir dalam kegiatan Kepala Desa Trumbasanom, Jumianto, Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Kecamatan Kedungadem, Sandy, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman-Penyakit Hama Penyakit (PPOPT-PHP) Kecamatan Kedungadem, Sumaji, serta warga atau petani desa setempat. (Pen/Red)

Subscribe to receive free email updates: