Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Bojonegoro Selenggarakan Tes Garjas Periodik

 


TEROPONGTIMUR ꞁ          Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur selenggarakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I Tahun Anggaran 2021. Senin (17/5/2021).

Garjas dilaksanakan oleh seluruh anggota TNI baik Perwira, Bintara dan Tamtama serta diikuti juga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Kodim Bojonegoro dan jajaran.

Perwira Seksi Personil (Pasipers) Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Riyanto selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan garjas periodik merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh prajurit TNI dan ASN yang dilakukan dua kali dalam setahun. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran dan sekaligus mengukur kemampuan fisik para prajurit.

"Pelaksanaanya meliputi tes Kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan pull up, sit up, push up dan longhes dalam waktu 1 menit serta shuttle run, selain itu juga dilaksanakan tes ketangkasan renang dasar militer dengan jarak 50 meter", ungkapnya.

Untuk menjaga faktor keamanan, sebelum pelaksanaan seluruh peserta garjas diwajibkan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dengan melakukan pengecekan tensi dan denyut nadi.

"Dengan harapan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga latihan dapat berjalan dengan tertib," pungkasnya.

Protokol kesehatan ketat diterapakan guna mencegah penyebaran Covid-19, peserta diwajibkan memakai masker, menjaga jarak antrian dan dihimbau untuk tidak berkerumun. (Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: