Empat Pilar Kapas Bojonegoro Bersinergi Laksanakan Vaksinasi Secara Door To Door

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Serbuan Vaksinasi Nasional terus digencarkan diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan terbentuknya Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Seperti yang terlihat, Empat Pilar Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Kapas, dengan sistem jemput bola atau door to door bersinergi melaksanakan serbuan vaksinasi kepada penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Vaksinasi secara door to door terhadap para penyandang disabilitas dan ODGJ dilakukan karena mereka memiliki keterbatasan dalam mobilitas, sehingga kami mendatangi mereka satu per satu, dari rumah kerumah untuk mendapatkan vaksinasi," ungkap Danramil 0813-02/Kapas, Lettu Kav Totok Taat Ujianto, Rabu (25/8/2021).

Senada disampaikan tim medis dari Puskesmas Kecamatan Kapas, Budi Prasetyo, bahwa proses pemberian vaksin terhadap ODGJ serta para penyandang disabilitas adalah sama yakni terlebih dahulu dilakukan skrining, jika dinyatakan sehat pemberian dosis vaksin langsung dilakukan.

"Khusus kelompok ini, kita lakukan dari rumah ke rumah untuk memudahkan keluarga mendapat layanan vaksinasi gratis ini. Kegiatan vaksinasi ini melibatkan TNI-Polri serta perangkat desa setempat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Empat Pilar Kecamatan Kapas juga menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) guna pencegahan penularan covid-19.

Disiplin prokes dengan 5-M yaitu Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer, Menjaga jarak interaksi, Menjahui kerumunan dan Membatasi mobilitas.

Salah satu penerima vaksin, Agus Malik (36) warga RT. 010/RW. 002 Desa Kedaton, mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya program yang dilakukan dengan mendatangi rumah ke rumah bagi penyandang disabilitas seperti dirinya.

"Alhamdulillah, hari ini kami bisa divaksin. Terima kasih, selain dipermudah kami pun merasa diperhatikan dan juga dipermudah," ucapnya.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: