Dandim Bojonegoro ikuti Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2021

 

TEROPONGTIMUR.COM |           Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, turut mengikuti Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 5 tahun 2021, di Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, pada Jum'at (22/10/2021) pagi.

Upacara diselenggarakan secara streaming melalui akun YouTube Pemkab Bojonegoro, dengan tema 'SANTRI SIAGA JIWA RAGA'. Upacara HSN ini juga diikuti seluruh jajaran Forkopimcam se- Kabupaten Bojonegoro di masing-masing Pendopo kecamatan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, menyampaikan bahwa tema 'SANTRI SIAGA JIWA RAGA' pada peringatan Hari Santri Nasional tahun ini bukan tanpa pertimbangan yang matang. Santri Siaga Jiwa Raga kaitannya dengan membela tanah air serta mempertahankan persatuan negara tercinta, negara Indonesia.

Pihaknya mengajak, melalui peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 ini para Santri untuk ber- Siaga Jiwa, menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam yang Rahmatan Lil'alamiin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

"Dengan demikian, Santri tidak akan pernah memberi celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia," kata Bupati.

Sementara, ditemui usai melaksanakan upacara, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, mengatakan, peran Santri khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro bisa dibilang cukup tinggi. Keberadaan para tokoh agama, Ulama dan pimpinan Pondok Pesantren khususnya dalam mendukung terciptanya kondusifitas diwilayah.

"Kontribusi Santri dalam menjaga kondusifitas wilayah layak mendapat apresiasi. Diharapkan sinergitas dan kolaborasi ini terus terjalin dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif meski ditengah pandemi covid-19. Serta untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 7 Santri berprestasi. Penghargaan tersebut, merupakan bentuk apresiasi Pemkab Bojonegoro atas kontribusi Santri dalam membangun sumber daya manusia yang unggul, prestasi dan luhur budi.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: