Forkopimda Bojonegoro Ikuti Upacara HUT TNI 2021 Secara Virtual

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada hari ini 5 Oktober 2021, dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI di pelosok Indonesia. Begitu juga diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut mengikuti mengikuti upacara HUT TNI secara virtual, di Makodim 0813 Bojonegoro, Selasa (5/10).

Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke- 76 Tentara Nasional Indonesia dengan tema 'Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang' ini secara virtual dilangsungkan dari Istana Negara dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Diawali dengan salam kebangsaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Diwilayah Kabupaten Bojonegoro, adapun yang hadir dalam upacara ini jajaran Forkopimda yaitu Dandim 0813 Bojonegoro, Bupati Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro dan Kepala Bakorwil Kabupaten Bojonegoro.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke- 76 Tentara Nasional Indonesia. Rakyat, bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya.

"Kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata Joko Widodo.

Diharapkan, TNI selalu bertransformasi pertahanan harus terus dilanjutkan guna menghadapi spectrum ancaman yang lebih luas, untuk meletakkan landasan pondasi bagi pembentukan pertahanan kapabilitas pertahanan modern, yang relevan dengan perkembangan tehnologi militer terkini. Sehingga, TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dalam pertahanan regional maupun global.


Presiden menegaskan bahwa kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berfikir jangka panjang, dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. Presiden juga memerintahkan TNI agar mengadopsi dan inovasi tehnologi mutakhir di Negara kita.

"Begerak aktif dalam konsorsium pertahanan global, memegang teguh semangat berkemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahan Indonesia yang lebih mumpuni," ujar Joko Widodo.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan Video Conference (Vidcon) di 6 titik obyek yaitu pada Operasi Pertahanan Udara (Hanud) Satrad 233 Sabang, Operasi Soaga Tempur Laut Natuna Utara KRI Multatuli - 561, Operasi Pamtas RI - Malaysia Satgas Yonmek 643/WNS Entikong, Operasi Pam Pulau Terluar P. Ndana Rote dan Operasi Penanganan Covid-19 RS Lapangan Indrapura Surabaya.

Sementara di Makodim 0813 Bojonegoro, jajaran Forkopimda menyerahkan tali asih kepada para Veteran dan Warakawuri, menyerahkan penghargaan kepada Empat Pilar atas dedikasi dan kekompakanya sebagai tim tracer dalam penanganan covid-19 serta serbuan vaksinasi serentak di 11 lokasi di 10 kecamatan.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: