Bersinergi dengan Dinas Kesehatan, Kodim Bojonegoro Bentuk Posbindu PTM

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan Sebagai upaya mencegah serta untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan kader guna mendeteksi secara dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM), Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Pospindu) PTM di Komplek Makodim setempat.

Koordinator Posbindu PTM Kodim 0813 Bojonegoro, Ny. Evi Bambang Hariyanto, pada Kamis (4/11/2021), menyampaikan bahwa keberadaan fasilitas atau pelayanan kesehatan di Posbindu PTM yang bersinergi dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Wisma Indah Kecamatan Bojonegoro Kota tersebut sangat penting untuk menolong bagi yang sakit khususnya anggota TNI Kodim 0813 Bojonegoro beserta keluarganya.

"Semoga dengan adanya Posbindu PTM ini lancar dan memberikan manfaat. Meskipun ada pelayanan kesehatan ini, tentu harapan kita bersama seluruh anggota dan keluarga besar Kodim 0813 Bojonegoro tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari penyakit," ujarnya.

Dokter Fungsional dari Puskesmas Wisma Indah Kecamatan Bojonegoro Kota, dr. Erni Yuni Ambarningsih, mengatakan manfaat pelayanan kesehatan yang ada di Posbindu PTM adalah untuk screening atau mendeteksi secara dini penyakit yang mengarah pada PTM seperti obesitas, diabetes, darah tinggi, asam urat, kolesterol yang mengakibatkan penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker, dan pernafasan kronik.

Sehingga, dalam pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM Kodim 0813 Bojonegoro ini ada pemeriksaan kesehatan, tinggi badan, berat badan, cek darah maupun tensi. Sementara untuk mencegah faktor resiko penyakit tidak menular ini harus menjaga perilaku pola hidup sehat dengan mengurangi karbohidrat, serta memperbanyak protein, sayur dan buah.

"Di masa pandemi covid-19 ini, orang dengan faktor resiko PTM disarankan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga seminggu tiga kali. Hal tersebut, untuk meningkatkan immunitas atau kekebalan tubuh," pungkasnya.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: