Dandim Bojonegoro Irup pada Upacara Hari Pahlawan di Pendopo Pemkab

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 di Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (10/11).

Di masa pandemi covid-19, pelaksanaan upacara tetap menerapkan protokol Kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Dalam kesempatan ini Dandim menyampaikan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Risma Harini, bahwa Hari Pahlawan bukan hanya diingat pada 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan  para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk tanah air perlu dikenang oleh semua sepanjang masa.

"Sebagaimana tema hari pahlawan 2021 yaitu Pahlawanku Inspirasiku," tandasnya.

Apa yang dilakukan para pahlawan sekiranya dapat memotivasi dan mendorong kita untuk meneruskan perjuangan mereka. Jika dulu kita bejuang dengan mengangkat senjata, saat ini kita berjuang menghadapi berbagai permasalahan bangsa yang ada seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk perjuangan melawan pandemi covid-19.

Meskipun Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 dilaksanakan di masa pandemi covid-19, diharapkan berlangsung secara khidmat dan tidak mengurangi maknanya, bahkan dapat menambah energi tambahan untuk menggugah kesadaran bangsa untuk mengutamakan keutuhan dan kesatuan.

"Untuk itu, nilai-nilai kepahlawanan perlu terus dirawat dan di pupuk untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini. Mari tunjukan kepribadian kita, empati untuk sesama dan saling menghargai untuk kesatuan bangsa," tegasnya.

Pada kesempatan ini, melalui sambutannya Mensos Risma menghimbau rakyat Indonesia agar memperingati hari pahlawan untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang dan rela menumpahkan darahnya demi Republik Indonesia.

"Seperti ungkapan Soekarno bahwa hanya bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya adalah bangsa yang besar," kutipnya.

Ia juga berpesan agar rakyat Indonesia sekiranya dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong, mengisi kemerdekaan membangun negeri. Kita buktikan bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang tangguh, tidak kalah dengan bangsa lain di dunia. Jangan Sampai sia-siakan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: