Cegah DBD, Tiga Pilar Desa Kemiri Malo dampingi Dinkes Bojonegoro Lakukan Fogging

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Tiga Pilar Desa Kemiri, Kecamatan Malo yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Pemerintah Desa (Pemdes) bersinergi dengan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro melakukan fogging, Senin (6/2/2022). Kegiatan ini untuk membasmi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menurut Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-20/Malo, Serma Jayad, pendampingan penyemprotan atau fogging yang dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro melalui Puskesmas Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro.

Ditambahkan, kegiatan fogging dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk seperti demam berdarah atau malaria. Apalagi saat ini musim hujan, masa di mana nyamuk aedes aegypti penyebab DBD berkembangbiak sangat cepat. Fogging ini memutus siklus penyebaran nyamuk.

"Sementara, untuk jentik nyamuk akan terbunuh dengan cara 3-M, yaitu Menguras air, Menutup dan Mengubur  yang menjadi lokasi perkembangbiakan jentik nyamuk," ucapnya.

Masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Karena, tempat-tempat yang kotor dan lembab tersebut menjadi kesukaan nyamuk untuk bertelur.

"Untuk itu, mari bersama kita selalu menjaga kebersihan lingkungan. Bergotong-royong membersihkan saluran air, dan kaleng-kaleng bekas untuk memberantas sarang nyamuk. Harapannya, kita terbebas dari ancaman demam berdarah," pungkas Serma Jayad.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: