Jaga Kelestarian, Kodim Bojonegoro Dukung Penuh Reboisasi Kawasan Hutan

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Sebagai upaya menjaga kelestarian hutan, Kodim 0813 Bojonegoro bersama Perum Perhutani KPH Bojonegoro melaksanakan reboisasi dengan menanam ratusan bibit klengkeng, jeruk, alpukat, jambu krital serta rumput vetifer di kawasan Perlindungan di petak 144, RPH Jeblokan, BKPH Clebung, Desa Ngorogunung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro, Jum'at (4/3/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, ADM Perhutani KPH Bojonegoro, Irawan Darto, Forkopimcam Bubulan serta Kepala Desa se- Kecamatan Bubulan dan tokoh masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, ADM Perhutani KPH Bojonegoro, Irawan Darto, menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergitas dan dukungan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sehingga program reboisasi penanaman buah-buahan diatas lahan seluas 154 hektar tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa di kawasan perlindungan tersebut tidak boleh ditebang dan Perum Perhutani memiliki visi dan misi program yaitu 'Planet : Bagaimana Melestarikan Alam Kita untuk Menjaga Hutan dan Menjaga Ketersediaan Air di Alam'. Sehingga, dengan adanya penanaman buah-buahan tersebut dapat dipertahankan agar menghasilkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Diharapkan, disamping guna meminimalisir bencana alam, upaya reboisasi ini dilakukan juga untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian hutan serta melindungi kawasan sumber mata air," kata Irawan Darto.

Di tahun 2022 ini Perhutani KPH Bojonegoro akan melaksanakan program reboisasi kawasan seluas 2.125 hektar, sementara kebutuhan bibit tanaman ada sekitar 3 jutaan untuk mengcouver kondisi lahan yang kurang produktif.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan kawasan hutan khususnya diwilayah Bojonegoro kembali berjaya seperti dahulu dengan menghasilkan kayu jati dan dikirim hingga ke luar negeri," tambahnya.


Sementara itu Dandim 0813 Bojonegoro, menyatakan pihaknya turut mendukung penuh upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan dengan reboisasi atau penanaman pohon buah-buahan kembali hutan tersebut. Sehingga, kawasan-kawasan yang gersang atau gundul nantinya dapat kembali hijau serta menghasilkan guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, reboisasi tersebut merupakan langkah awal penghijauan kawasan hutan untuk masa depan. Terlebih, saat ini akses menuju kawasan-kawasan hutan diwilayah Kabupaten Bojonegoro ini sudah meningkat dengan adanya program pembangunan-pembangunan infrastruktur jalan oleh Pemkab Bojonegoro.

"Harapannya, semua pihak untuk menjaga dan merawat kelestarian kawasan hutan seperti penanaman pohon buah-buahan yang kita lakukan hari ini," pungkas Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: