Bersama Forkopimda, Dandim Bojonegoro Safari Ramadan di Ngaglik Kasiman

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan kegiatan Safari Ramadan 1443 Hijriah. Kali ini, pada Senin (25/4/2022) berlangsung di Masjid Darussalam, Dusun Bangsri, Desa Ngaglik, Kecamatan Kasiman.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, perwakilan OPD, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Kasiman, Kepala Desa se- Kecamatan Kasiman, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan serta tamu undangan. 

Safari Ramadan diawali dengan penyerahan bingkisan kepada para lansia, dan santunan orang meninggal secara simbolis oleh Bupati Anna Mu’awanah. Kegiatan dilanjutkan dengan Tauziyah Ramadan oleh Kyai Gufron Munajat.

Dalam tauziahnya, Kyai Gufron, menyampaikan, Ramadan penuh dengan makna apabila umat Islam dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya. Di antaranya memperbanyak ibadah dan amal sholeh serta memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto. Dalam kesempatan itu, disampaikan bahwa Safari Ramadan ini merupakan sarana silaturahmi. Walaupun berbeda-beda, dan beraneka ragam suku, tetap bersatu dan harmonis. 

"Suasana kekeluargaan yang saling pengertian, hangat, harmonis, bisa meningkatkan semangat dan kekompakan. Dengan demikian suasana yang aman, nyaman dan damai dapat diciptakan dan dirasakan oleh semua orang. Mereka merasa sehati dan sejiwa. Seperti filosofi sapulidi. Dari lidi-lidi yang kecil dirangkai dan diikat menjadi satu dalam satu kekuatan, bisa membersihkan ruangan dan halaman yang luas sekalipun," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, menuturkan, kegiatan Safari Ramadan yang dilakukan Forkopimda Bojonegoro, selain untuk meningkatkan silaturahmi dan sambung rasa, juga untuk menyerap aspirasi serta melihat keadaan warga dan meninjau perkembangan infrastruktur desa secara langsung. 

"Alhamdulillah penyakit covid-19 atau omicron kasusnya sudah menurun, mudah-mudahan cepat hilang," ujarnya. 

Pihaknya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan Safari Ramadan ini Pemkab Bojonegoro bisa menjalin silaturahmi sekaligus mensosialisasikan program pembangunan dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bojonegoro.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: