Babinsa Koramil Bubulan Kodim Bojonegoro, bekali Pelajar dengan Wasbang Pancasila dan PBB

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Sebagai upaya dalam meningkatkan wawasan, khususnya keikutsertaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Koramil 19/Bubulan, Kodim 0813 Bojonegoro, memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Pancasila dan Pelatihan Baris-Berbaris kepada ratusan pelajar MTs Tahuhidiyah I, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro, Rabu (8/6/2022).

Dalam kesempatan ini, Bati Tuud Koramil 0813-19/Bubulan, Peltu Sugito, menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk memberikan bekal dan kemampuan awal siswa-siswi agar memperoleh peningkatan rasa kecintaan terhadap tanah air serta rasa berbela negara yang kokoh sejak dini, sehingga dapat menghadapi tantangan saat ini dan mendatang.

"Terlebih dalam era digitalisasi saat ini yang berlangsung, harus ditransformasi dengan baik," ucapnya.

Nilai-nilai bangsa yang ada pada Pancasila tersebut harus ada ketika menghadapi perbedaan seperti mendahulukan kepentingan umum, rela berkorban, optimisme, pantang menyerah, gotong-royong, dan nasionalisme.

Menurutnya, nilai-nilai bangsa Indonesia ini harus dipahami sebagai wawasan kebangsaan. Pancasila sebagai falsafah Indonesia yang menyatu secara utuh menjadi jiwa bangsa Indonesia. Dan nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila, sebagai nilai ke-Indonesiaan serta sekaligus pendorong cita-cita Proklamasi.

"Generasi muda, harus berada di garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Dimana keutuhan bangsa akan tergantung dari para generasi mudanya untuk turut serta menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila," pesan Peltu Sugito.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: