Satu SST Prajurit Kodim Bojonegoro ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2022

 

TEROPONGTIMUR.COM ꞁ            Satu Satuan Setingkat Peleton (SST) prajurit Kodim 0813 Bojonegoro, turut mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2022 dihalaman Mapolres Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (13/6/2022). Operasi Patuh Semeru 2022 ini dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa'.

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, juga diikuti Wakapolres Bojonegoro, satu regu TNI dari Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, satu peleton personel Staf, satu peleton Satreskrim dan Sat Narkoba, dan satu peleton Sat Intelkam Polres Bojonegoro, satu peleton Sat Pol PP, satu peleton Dishub, satu peleton Dinkes, serta satu peleton BPBD Bojonegoro.

Dalam apel gelar pasukan, Kapolres Bojonegoro membacakan sambutan Kapolda Jatim, menyampaikan, Operasi Patuh Semeru 2022 harus dipahami dan diketahui oleh khalayak masyarakat bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Demikian halnya dengan Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia dengan kondisi geografis yang sangat luas ditambah dengan kondisi demografi yang sangat tinggi sehingga juga berdampak kepada besarnya permasalahan lalu lintas khususnya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Pelaksanaan operasi saat ini juga masih dalam situasi pandemi covid-19 walaupun saat ini trennya cenderung terus menurun, bahkan pemerintah memberikan kebijakan untuk memperbolehkan tidak memakai masker di tempat umum. Namun demikian tetap diwaspadai dengan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan, agar penyebaran virus covid-19 tidak mengalami kenaikan lagi.

Wabah lain yang menjadi atensi karena meresahkan masyarakat yaitu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya sapi yang saat ini melanda Jawa Timur. Bahkan Jawa Timur menjadi salah satu episentrum penyebaran penyakit tersebut, sehingga perlu diwaspadai dan perlu dilakukan upaya yang intens untuk penanggulangannya apalagi saat ini menjelang Idul Adha yang notabene kebutuhan akan sapi qurban akan meningkat.

Polda Jatim, melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi "Patuh Semeru 2022". Operasi dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 13 Juni s/d 26 Juni 2022 di seluruh wilayah Jawa Timur dalam bentuk Kamseltibcarlantas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasive serta humanis yang didukung penegakan hukum elektronik/teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas dengan tetap menerapkan prokes covid-19.

Diakhir sambutannya, Kapolda Jatim menekankan kepada seluruh peserta apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2022 :

1.         Panjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas;

2. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional

2.         prosedur yang ada;

3.         Hindari tindakan sikap arogan dan tindakan pungli;

4.         Lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.(Pendim/Red)

Subscribe to receive free email updates: